Manfaat Minum Susu Kedelai Bagi Ibu Hamil

Bagi ibu hamil, pemilihan dan klasifikasi asupan makanan merupakan kewajiban. Ini karena ibu hamil membawa sosok mungil yang ada di dalam rahim. Bayi di rahim ibu dianggap sangat rapuh dan perlu dilindungi dari berbagai masalah kesehatan. Untuk itu, biasanya wanita hamil berpantang yang harus dihindari.

Berkaitan dengan siklus menstruasi susu kedelai, ada penelitian lama yang menunjukkan bahwa wanita hamil tidak diijinkan mengkonsumsi susu kedelai karena kandungan estrogen yang terkandung dalam kedelai sangat tinggi, yang tidak baik untuk bayi, terutama bayi dengan jenis kelamin perempuan Karena kandungan estrogen tinggi ini pada akhirnya akan menyebabkan infertilitas pada bayi di dalam rahim.

Dikutip dari 1health.id, sebuah studi tahun 1994 mengatakan bahwa wanita hamil harus menghindarinya, terutama jika janinnya laki-laki. Pasalnya, jika janin yang sedang berkembang terkena fitoestrogen hadir dalam kedelai, maka akan lebih rentan terhadap kanker prostat di kemudian hari.

Sementara penelitian yang dipublikasikan di Toxicol Sci pada tahun 1999, menunjukkan efek yang signifikan dari kedelai yang mengandung fitoestrogen pada tikus betina, yaitu, mereka mengalami pubertas dini.

Namun hal itu bisa ditolak setelah sebuah studi baru yang dikutip dari buku "Membongkar kesalahpahaman tentang makanan dan kesehatan" oleh Eka Anandita memperoleh kesimpulan bahwa susu kedelai boleh dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil. Hal ini diperkuat dengan nutrisi yang terkandung dalam susu kedelai terbukti sangat baik untuk kesehatan ibu selama kehamilan.

Hal senada diklarifikasi dengan cara melancarkan haid pendapat dr. Miriam Stoppard, penulis ConcepciĆ³n, Pregnancy and Birth, merekomendasikan agar wanita hamil menghindari makanan manis dan berlemak. Nah, kedelai adalah makanan yang memiliki kandungan protein tanpa lemak baik. Dengan kata lain, kedelai lebih sehat untuk jantung daripada sumber protein yang berasal dari lemak hewani.

Tak hanya itu, susu kedelai juga mengandung cukup kalsium untuk membentuk tulang bayi agar lebih kuat. Kedelai juga mengandung asam lemak omega-3 yang bagus untuk konten.

Untuk itu, tidak ada alasan dan keraguan bagi wanita hamil untuk mengonsumsi susu kedelai. Terbukti manfaat kedelai yang berperan baik bagi kandungan ibu. Hanya mungkin Friends of the Source yang saat ini sedang hamil dan merawat rahimnya, bisa mengurangi jumlah konsumsi susu kedelai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Risiko Jika Anak Tidak Imunisai MR

Bolehkah Minum Kopi Saat Berpuasa? Berikut Penjelasannya